JENIS HAMA NAMUN JUGA BERGUNA

Pucanganommaju 24 Maret 2020 20:10:47 WIB

PUCANGANOM, RONGKOP (Sida Samekta) - - Siapa yang tidak mengenal jenis hewan yang satu ini, belalang iya belalang. Jenis hewan yang sering ditemukan di kebun bahkan di ladang pertanian masyarakat ini termasuk hama tanaman dan sudah pasti menjadi musuh bebuyutan para petani.

Hewan yang bisa merusak tanaman pertanian biasanya banyak bermunculan pada musim penghujan seperti sekarang ini. Mayoritas tanaman pertanian bisa rusak akibat ulah belalang. Jenis tanaman pertanian seperti padi, jagung, kedelai, ketela, dll menjadi terganggu pertumbuhannya, bahkan bisa rusak, tentu saja hal ini akan sangat merugikan bagi para petani.

Namun sangat bertolak belakang dengan situasi yang dirasakan oleh para petani akibat adanya belalang di lahan pertaniannya. Bagi sebagian orang yang memanfaatkan kesempatan untuk mencari belalang dengan tujuan dikonsumsi dan bahkan bisa sampai dijual dengan harga yang cukup mahal, tentu saja belalang menjadi sebuah sumber rezeki. Karena di pasarab biasanya harga per kilogram belalang mentah bisa mencapai 50.000 s/d 80.000.

Bahkan belalang menjadi makanan yang sering dicari oleh para penyukanya meskipun harganya tidak murah. Selain itu sebenarnya kandungan protein yang ada di belalang sangat tinggi. Namun perlu diketahui, ada sebagian orang yang alergi terhadap belalang, karena dengan makan belalang bisa alergi dan bahkan sakit.

Akan sangat bertolak belakang sekali, di satu sisi belalang menjadi hama dan musuh bagi petani, namun di sisi yang lain belalang menjadi sumber rezeki dan sebagai makanan yang harganya tinggi.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi PUCANGANOM

tampilkan dalam peta lebih besar